Did You Know...?
""

Home » » Jenis Pohon Purba

Jenis Pohon Purba



Ginkgo Biloba merupakan spesies tunggal dari suatu divisio tumbuhan berbiji terbuka yang dulu tersebar luas. Sekarang tumbuhan ini tumbuh terbatas di Asia Timur dan lokasi beriklim sedang lainnya.

Nama ginkgo berasal dari bijinya yang berasal dari tanaman ginkgo betina. Biji ginkgo berwarna kuning hijau dan matang dalam bentuk buah berdaging yang berbau busuk dan berwarna jingga cokelat.

Daun ginkgo terbagi atas dua lobus, namanya sering disebut dengan tambahan kata biloba. Jenis tanaman ini sudah ada sejak jaman dinosaurus hingga sekarang. Jenis tanaman ini biasa disebut dengan  pohon maidenhair atau dikenal dengan nama spesies Ginkgo atau Ginkgo Biloba.

Jenis tanaman itu telah ada pada periode Jurrasic dan periode Triassic (135-210 juta tahun yang lalu). Oleh masyarakat China kuno tanaman ini digunakan sebagai minuman tonikum penyegar tubuh, setelah sarinya disaring.

Tak hanya memanfaatkan ekstrak daun dan buahnya, penduduk Cina kuno juga memakan bijinya setelah disangrai. Rasanya gurih manis seperti biji mete goreng.
Share this article :