Did You Know...?
""

Home » » Bunga

Bunga

Bunga merupakan modifikasi dari daun dan batang ,dan brkembang dari pucuk yang tumbuh menjadi ranting diiringi daun-daun yang terspesialisasi pada ruas dan buku yang sangat rapat. Pada ujung ranting tersebut membengkak sebagai dasar bunga(receptaculum) dan dibawahnya terdapat tangkai bunga (pedicle) . Hal ini membuktikan dengan adanya bagian-bagian bunga yang berbetuk lembaran seperti daun dan bagianyang bulat seperti batang. Bila daun seperti itu terdapat pada dasar tangkai perbungaan dan melindungi keseluruhan perbungaan disebut dengan seludang bunga (spatha) seta daun pelindung untuk setiap bunga disebut dengan brakteola. Bunga biasanya terdapat di ujung –ujung daun atau btang disebut dengan terminalis dan ada juga yang terdapat pada ketiak daun disebut bunga axilaris.

A. Morfologi bunga secara umum
Bunga biasanya terdiri dari:
1. Perhiasan bunga (periantium) yang terdiri dari:
a. Sepal /daun kelopak (sepalun; jamak sepala). Keseluruhan daun kelopak disebut kaliks (calyx).Kelopak bunga merupakan bagian terluar dari bunga. Biasanya bewarna hijau dan fungsinya adalah untuk melindungi kuncup bunga.
b. Petal/daun mahkota (pelalum,jamak petala). Keseluruhan petal (daun mahkota) disebut korola (corolla).
c. Perigonium/tenda, bila bentuk sepal dan petal tidak dapat dibedakan maka disebut tepal (tepalum, jamak tepala).
2. Alat kelamin yang terdiri dari :
a. Stamen atau benang sari. Keseluruhan stamen bunga disebut androecium. Benang sari merupakan organ perkembangbiakan jantan pada tumbuhan. Letak benang sari umumnya mengelilingi putik. benang sari penghasil sel kelamin jantan. Bagian-bagian pada benang sari antara lain tangkai sari (filamen), kotak sari (antera), serbuk sari (polen).
b. Pistilum (putik) terdiri dari ovarium,stilus dan stigma.Ovarium di susun oleh karpel atau daun buah.Umumnya berjumlah lebih dari satu.Keseluruhan karpel disebut dengan gynoecium atau putik.Jika bunga memiliki satu karpel atau lebih yang semuanya bersatu maka karpel tersebut disebut dengan pistilium.Di dalam ovarium terdapa bakal biji (ovulum).
Putik terletak pada bagian tengah bunga. Putik merupakan alat perkembangbiakan betina karena menghasilkan sel telur. Bagian-bagian putik antara lain kepala putik (stigma), tangkai putik (stilus) dan, bakal buah (ovarium). Di dalam ovarium terdapat bakal biji (ovulum) dan didalam ovulum terdapat sel telur.
Tidak semua bunga memiliki bagian-bagian yang lengkap. Bunga yang lengkap adalah bunga yang memiliki bagian-bagian yaitu kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Sedangkan bunga yang tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu atau lebih dari bagian-bagian bunga tersebut. Bunga yang tidak memiliki putik disebut bunga jantan dan bunga yang tidak memiliki benang sari adalah bunga betina sedangkan bunga yang memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga adalah bunga hermafrodit.
Share this article :