Did You Know...?
""

Home » » Belimbing-Averrhoa carambola L

Belimbing-Averrhoa carambola L



Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus: Averrhoa
Spesies: Averrhoa carambola L

Daun (Folium):
Tergolong daun bertangkai
Bagian daun: ibu tulang daun (costa), tulang cabang (nervus lateralis), urat-urat daun (vena). Tulang cabang pada daun (nervus lateralis) didekat tepi daun membelok ke atas dan bertemu dengan tulang cabang diatasnya, Ditepi seperti terdapat tulang cabang yang kurang lebih sejajar yang biasa disebut tulang pinggir.
Bangun daun (Circumsriptio): bulat telur (ovatus)
Ujung daun (Apex folii): meruncing (acuminatus).
Seperti pada ujung yang runcing tetapi titik pertemuan kedua tepi daunnya lebih tinggi dari dugaan, sehingga ujung daun tampak sempit, panjang, dan runcing
Pangkal daun (Basic folii):
tumpul (obtusus). Terdapat pada daun bangun bulat telur.
Susunan tulang daun (Nervatio): menyirip (penninervis). Mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung, dan merupakan terusan tangkai daun. Dari samping ibu tangkai (petiolus communis) keluar tangkai anak daun / tulang cabang ( petiololus) mirip sirip ikan

Batang (caulis):
Jenis: batang berkayu (lignosus). Keras dan kuat, terdiri dari kayu. Tergolong jenis pohon-pohon (arbores).
Permukaan batang: memperlihatkan banyak lentisel
Bentuk batang: bulat (teres)
Arah tumbuh batang: tegak (erectus). Arahnya lurus ke atas.
Arah tumbuh cabang: ada yang condong ke atas (patens) dan ada juga yang mendatar (horizontalis)
Umur: berumur panjang (perennial)

Akar (Radix):
Bagian akar yang dimiliki: pangkal/ leher akar (collum), ujung akar (apex radicis), batang akar ( corpus radicis), cabang akar (radix lateralis), serabut akar (fibrilla radicalis), bulu akar (pilus radicalis), tudung akar (calyptra)
Jenis: akar tunggang bercabang (ramosus) karena tergolong tumbuhan di cotyledonae. Berbentuk kerucuk panjang, tumbuh lurus ke bawah.
Alat tambahan: umumnya tidak memiliki stipula

Bunga (Flos):
Jumlah: berbunga banyak (planta multiflora)
Tata letak: diketiak daun (flos lateralis/ axillaris) batang yang tua.
Jenis bunga majemuk: bunga majemuk berbatas (inflorescentia cymosa/centrifugal). Bunga mekar mulai dari sumbu pokok dari tengah ke pinggir. Malai (panicula) bunga terkumpul rapat
Bagian bunga: Tangkai bunga (pedicellus), dasar bunga (receptaculum), kelopak (calyx), mahkota (corolla), daun mahkota berlekatan (gamopetalus).
Kelamin bunga: Berkelamin ganda (hermaphroditus). Didalamnya terdapat benang sari dan putik. Susunan sebagian tangkai putik panjang tangkai benang sari pendek, sebagian lagi tangkai putik pendek tangkai benang sari panjang.
Penyerbukan: dengan perantara binatang (zoidiophyly, zoidiogamy). Spesifikasi penyerbukan dengan perantara serangga entomophyly, entomogamy). Biasanya dibantu lebah (Hymenoptera).
Rumus bunga: ♀ * K 5, C 5, A 5+5 ,G 5

Buah:
Golongan buah: buah buni/bacca memanjang dengan 5 rusuk tajam. Berbuah setelah 2-5 tahun. Buah buni memiliki 2 lapisan yaitu lapisan luar yang tipis, kuat, dan agak menjangat, serta lapisan dalam yang tebal, lunak, dan berair. Tergolong buah sejati tunggal berdaging.
Warna: muda hijau, tua kuning
Ukuran: 4-13 cm

Biji:
Bentuk: pipih
Warna: Coklat muda
Kulit biji (Spermodermis): Terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan luar/ testa yang berwarna coklat muda, dan lapisan dalam/ tegmen yang berwarna coklat tua. Di sebelah luar di sebagian tepinya keluar cairan seperti lender yang merupakan bagian dari arilus.
Tali pusar (Funiculus): sudah tidak tampak
Inti biji (Nucleus seminis): lembaganya lurus (embryo), endospermanya berdaging warna putih
Informasi tambahan: Memiliki sinonim Averrhoa pentandra. Perbanyakannya secara generatif melalui biji. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat memicu se kanker.
Share this article :