Did You Know...?
""

Home » » Spesies Baru Penghuni Kalimantan

Spesies Baru Penghuni Kalimantan

Pulau Kalimantan telah lama dikenal dengan reputasinya sebagai "Mysterious Secret Garden". Pulau itu merupakan rumah dari berbagai flora dan fauna yang unik dan eksotis.Di sana ada ular bernama Dendrelaphis kopsteini. Ular ini bisa memiliki panjang hingga 1,5 meter. Lehernya yang oranye menyatu dengan pola warna-warni terang yang menarik di sekujur tubuhnya.

Bahkan Anggrek liar bernama Thrixpermum erythrolomum adalah salah satu dari 37 spesies anggrek baru yang ditemukan di Trus Madi, Gunung tertinggi Malaysia (2.642 m).
 
Ada juga semut baru berwarna coklat kemerahan, bernama Lordomyrma reticulate. Berasal dari Sabah, semut berbulu ini memperkaya khasanah jenis semut yang ada di Asia Tenggara. 
 
 
Tak hanya itu, ada pula siput berwarna hijau kekuningan yang panjangnya tiga kali panjang kepalanya sendiri. Siput ini diberi nama Ibycus rachelae.

Atau serangga tongkat (stick insect) terpanjang di dunia. Panjang binatang bernama Phobaeticus chani ini bisa mencapai setengah meter. Ia ditemukan di dekat Gunung Kinabalu Park, Sabah.
 
Di sana juga ada kodok bisa melompat dari pohon yang satu ke pohon yang lain, sekaligus mampu berkamuflase seperti bunglon. Ia mampu mengubah warna kulitnya, menyesuaikan diri dengan warna lingkungan sekitar.

sumber: vivanews.com
Share this article :