Did You Know...?
""

Home » » Grooming Pada Anjing Tua

Grooming Pada Anjing Tua

Grooming pada anjing tua penting dilakukan. Walaupun sudah berumur, mereka pun ingin terlihat tampil menarik. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan mereka. Namun, sayangnya, mereka tidak mampu untuk melakukannya sendiri. Perlu bantuan dari pemilikya. Berikut ini beberapa tips grooming yang dapat anda lakukan untuk mereka :

Periksa secara berkala kesehatan gigi dan gusi mereka – Penyakit periodontal (gigi dan gusi) sangat umum terjadi pada anjing tua. Jika diabaikan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius. Bakteri yang berasal dari saluran mulut akan masuk ke dalam saluran pembuluh darah, menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh, seperti jantung. Hal ini dapat membahayakan mereka. Oleh sebab itu, gosoklah gigi anjing anda secara berkala menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anjing. Periksa gigi dan gusi mereka apakah ada tanda-tanda penyakit, tartar, dan jika diperlukan periksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan profesional terhadap kesehatan gigi dan gusi.
Rawatlah bulu mereka – Sejalan dengan pertambahan umur, bulu anjing mengalami kerontokan disertai kulit kering. Penyikatan dapat memperbaiki sirkulasi kulit dan membantu menstimulasi produksi dari minyak alami untuk menjaga bulu tetap berkilau. Selain itu, memandikan anjing mengguanakan sampo anjing khusus kulit kering juga direkomendasikan.
Periksa secara berkala dari ujung hidung ke ujung ekor – Ketika mereka sedang digrooming, merupakan saat yang tepat untuk mengetahui adanya abnormalitas pada anjing anda. Hal-hal yang dapat anda amati di antaranya kerontokan bulu, luka, adanya parasit atau adanya benjolan/kebengkakan yang tidak biasa.
Potong kuku secara berkala – Anjing tua tidak beraktivitas sesering ketika masih muda. Aktivitas seperti berlari dapat membuat pertumbuhan kuku tidak cepat memanjang. Oleh sebab itu, kuku pada anjing tua menjadi lebih cepat memanjang. Potonglah kuku mereka secara hati-hati karena kuku anjing tua lebih rapuh.
Share this article :