Did You Know...?
""

Home » » Stephen Robert Irwin

Stephen Robert Irwin

[Image: steve_irwin_01.jpg]

Stephen Robert Irwin  dilahirkan di Essendon, bagian dari Melbourne pada 22 Februari 1962, Steve Irwin, semasa kanak-kanak pindah bersama kedua orang tuanya ke Queensland. Ibu bapaknya yang bernama, Lyn dan Bob, mendirikan sebuah kebun binatang kecil yang bernama Queensland Reptile and Fauna Park (Taman Reptil dan Fauna Queensland). Steve dibesarkan di tempat yang penuh dengan buaya dan binatang reptilia yang lain. Dia pun menjadi seorang penangkap buaya yang handal, mengusir buaya yang masih berkeliaran di tempat perkampungan.
Pada tahun 1991, Steve mengambil alih pengelolaan kebun binatang Australia, kini dinamakan sebagai Zoo Australia, dan pada tahun 1992 bertemu (di kebun binatang ini) dan menikahi Terri. Dia dikenal sebagai pemandu acara TV petualang hewan buas dalam The Crocodile Hunter, dan menarik banyak penonton di Amerika Serikat dan Inggris. Gaya pembawaan acaranya antusias dan hidup dengan menggunakan logat Australia yang menjadikan dirinya terkenal di seluruh dunia: acara The Crocodile Hunter ditayangkan di lebih dari 120 negara di dunia.
Di bawah kepemimpinan Irwin yang ekspansif, pengelolaannya berkembang dan meliputi kebun binatang, seri televisi, Yayasan Konservasi Steve Irwin (Steve Irwin Conservation Foundation), dan Badan Penyelamatan Buaya Internasional (International Crocodile Rescue). Perbaikan terhadap "Kebun Binatang Australia" (The Australia Zoo) termasuk Animal Planet Crocoseum, kandang burung hutan tropis, dan kuil harimau. Irwin pernah menyatakan bahwa ia sedang berpikir untuk membuka sebuah kebun binatang Australia di Las Vegas, Nevada, dan kemungkinan di beberapa tempat lainnya di seluruh dunia
[Image: steve_irwin_02.jpg]

[Image: steve_irwin_15.jpg]

Steve Irwin mempunyai seorang istri yang bernama Terri Irwin dan dua anak-anak: seorang perempuan bernama, Bindi Sue Irwin (dilahirkan pada 24 Juli 1998), dan seorang lelaki bernama, Robert (Bob) Clarence Irwin (dilahirkan pada 1 Desember 2003). Nama Bindi Sue diambil dari nama dua anjing Steve. Anjing pertamanya, Bindi, dibunuh dengan tidak sengaja oleh seorang pemburu, dan anjing keduanya, Sue, adalah nama tengah anak betinanya, yang
Steve Irwin meninggal dunia pada usia 44 tahun ketika ia melakukan syuting untuk sebuah acara televisi di Great Barrier Reef, Queensland, Australia. Ketika itu ia melakukan pengambilan gambar di dekat seekor ikan pari (Sting-Ray). Merasa terdesak karena dikerumuni oleh banyak orang, Sting-Ray tersebut segera menyerang Steve dengan menyengat tepat di dadanya. Secara refleks, Steve segera berusaha untuk mencabutnya, sehingga duri-duri racun yang masuk malah membuat robekan luka di jantungnya semakin melebar, sehingga tidak dapat diselamatkan lagi. Di sepanjang sejarah Australia, Steve adalah orang ketiga yang meninggal dunia karena serangan Sting-Ray.
Animal Planet mengakhiri siaran untuk mengenang kepergian beliau melalui acara The Crocodile Hunter dengan seri finale berjudul "Steve's Last Adventure", dalam bahasa Indonesia "Petualangan Steve Yang Terakhir". Dokumentasi terakhir acara itu memaparkan pelayaran Steve di seluruh dunia, ia menjelajahi tempat-tempat seperti pegunungan Himalayasungai Yangtze, Kalimantan, dan Taman Nasional Kruger.

Share this article :