Did You Know...?
""

Home » » Kenapa Bisa Buang Air Kecil?

Kenapa Bisa Buang Air Kecil?


Kita buang air kecil, karena tubuh memerlukan pembuangan sebagian cairan untuk mempertahankan homeostatis tubuh, dan buang air kecil (keluarnya urine dari tubuh kita) memiliki peran penting dalam hal itu.

Urine berasal dari penyaringan darah oleh ginjal yang dialirkan melalui uretra, selanjutnya dikeluarkan dari tubuh. Urine mengandung beberapa zat, seperti glukosa, garam-garaman, dan asam amino. Urine ditampung dalam kantung urine, sampai sekitar 300 cc. Ketika jumlah itu tercapai, maka kita pun jadi “kebelet” buang air kecil.

Urine atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal, yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksresi urine diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal, dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh.

Sistem urine adalah sistem organ yang memproduksi, menyimpan, dan mengalirkan urine. Pada manusia, sistem itu terdiri dari dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dua otot sphincter, dan uretra.

Volume urine normal per hari adalah 900–1.200 mililiter, dan volume tersebut dipengaruhi banyak faktor, di antaranya suhu, zat-zat diuretika (teh, alkohol, dan kopi), jumlah air minum, hormon ADH, dan emosi.

Secara kimiawi, kandungan zat dalam urine di antaranya adalah sampah nitrogen (ureum, kreatinin, dan asam urat), asam hipurat atau zat sisa pencernaan sayuran dan buah, zat sisa metabolisme lemak, ion-ion elektrolit (Na, Cl, K, Amonium, sulfat, Ca dan Mg), hormon, zat toksin (obat, vitamin, dan zat kimia asing), dan zat abnormal (glukosa, sel darah, kristal kapur, dan lain-lain).

Bau menyengat pada urine adalah hal normal, karena urine berbau khas, yaitu bau amonia.
Share this article :