Did You Know...?
""

Home » » Menu Penderita Diabetes

Menu Penderita Diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang paling banyak diderita manusia di dunia. Pola makan dan gaya hidup disinyalir merupakan penyebab utamanya.
Jika Anda diagnosa penyakit ini, janganlah keburu takut, atau malah mengurangi porsi makan, yang ujung-ujungnya membuat kondisi tubuh Anda menurun drastis. Agar kondisi tubuh tetap stabil, cobalah lebih pintar dan cermat dalam memilih menu makanan untuk Anda.
Bingung memilih makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi? Simak menunya berikut ini, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.
Sayuran hijau
Mengonsumsi sayuran hijau, ternyata sangat dianjurkan sekali bagi penderita diabetes. Terutama bagi penderita yang sedang menjalani diet diabetes. Sayuran, seperti labu pahit (pare), brokoli, dan sayuran hijau lainnya yang kaya akan vitamin B.

Jika dikonsumsi secara rutin, labu pahit (pare) bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, brokoli yang kaya akan kromium diyakini bermanfaat untuk mengatur kadar insulin dalam gula darah.
Ikan
Lemak dalam ikan berfungsi untuk menjaga arteri agar tidak mudah tersumbat, dan ikan juga kaya akan sumber omega-3 yang luar biasa baik untuk Anda. Anda sebaiknya mengonsumsi ikan salmon, sedikitnya dua kali dalam seminggu, karena ikan salmon memiliki trigleserida tinggi, dan rendahnya tingkat HDL.

Cokelat
Cokelat ternyata memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Menurut para ahli, cokelat atau bubuk cokelat mengandung antioksidan tinggi yang dikenal dengan nama flavonols, yang dapat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Cokelat ternyata dapat mencegah diabetes melitus type 2, dengan cara mendorong hormon untuk menyebarkan gula dari darah ke sel untuk pembakaran.

Dada ayam
Dada ayam adalah makanan yang rendah kalori, tidak seperti daging steak, ternyata dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol dan resistensi insulin, sehingga gula darah lebih terkontrol.

Buah-buahan
Buah-buahan yang kaya vitamin C bisa Anda konsumsi, karena vitamin C berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Karena buah memiliki kadar gula tinggi, maka jika mengonsumsinya harus sesuai aturan, cukup satu hari sekali, atau jika ingin diblender lebih baik tanpa gula.
Share this article :