Did You Know...?
""

Home » » Songdo, Kota Go Green Korea

Songdo, Kota Go Green Korea


Jika kamu penggemar game Sim City, pasti kamu sudah tahu dong gimana kota yang ada di Game itu. Kota pada game itu tersusun dengan rapi dengan pemandangan hijau yang masih banyak terlihat. Seakan ingin menyaingi kota di game yang sangat populer itu, Korea Selatan juga telah menyulap salah satu kota di negaranya menjadi seperti kota Sim City. Kota yang mengusung tema Go Green ini kabarnya telah dilengkapi dengan beragam kecanggihan teknologi, pemandangan eksotis, Tata Letak kota, dan pengelolaan yang tersusun rapi.
new songdo city 1 exterior 640x492 Songdo, Kota Go Green Ala SimCity di Korea
songdo diorama Songdo, Kota Go Green Ala SimCity di Korea
Tak hanya sebatas rencana, Kota Songdo memang telah menerapkan aturan-aturan serta menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan menghijaukan bumi. Tempat sampah dengan teknologi tinggi merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Songdo. Kabarnya, tempat sampah ini memilki vakum bertekanan tinggi yang dapat memperkecil sampah. Cukup menekan tombol sesuai petunjuk, maka sampah anda akan di-press alias digepengkan otomatis tanpa berisik. Pengadaan tempat sampah ini dimaksudkan untuk menghemat penggunaan truk sampah dan  mengurangi emisi gas buangan yang dihasilkan oleh truk sampah ketika harus menggepengkan sampah.
songdo trash button Songdo, Kota Go Green Ala SimCity di Korea
Seperti di game SimCity, tata letak kota Songdo ini pun tak kalah rapi. Salah satu cara menghijaukan bumi di Songdo adalah dengan membuat tempat parkir dibawah tanah. Di kota ini Tema Go Green memang sangat penting, Ruang hijau yang cukup luas memberikan kenyamanan bersepeda dan berjalan kaki di tengah kota. Seperti yang di jelaskan diatas, Kota Songdo ini memiliki teknologi yang tinggi. Semua fasilitas yag tersedia di kota ini memiliki sistem sensor, seperti memesan kereta api / Subway, mengendalikan dam / bendungan pompa, hingga pengendalian lalu lintas.
chadwick telepresence 0 Songdo, Kota Go Green Ala SimCity di Korea
Berbicara tentang teknologi, pasti tak terlepas dengan faslitas internet. Kecepatan internet di kota ini sudah tidak lagi dalam kecepatan Mbps Tetapi dalam kecepatan Gbps. Lebih 10000 alat jaringan internet disediakan sebagai fasilitas umum. Selain teknologinya yang menakjubkan, sistem sanitasi di Kota Songdo juga terjaga kebersihannya. Ada tiga jenis air pada kota ini, air laut, air tawar dan air limbah. Seperti di kota lainnya ar tawarlah yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah kebersihan air tawar di Kota ini dijamin oleh pemerintah setempat.
central park seawater Songdo, Kota Go Green Ala SimCity di Korea
Tak hanya air tawar, air laut di Songdo juga di fungsikan, yaitu untuk melengkapi keindahan kota dengan mengisikan danau buatan melalui pompa dari laut, dan uniknya danau tersebut berada di tengah kota. Air limbah jenis air yang terakhir biasanya berasal dari apartement maupun gedung – gedung bertingkat. Untuk pihak pengelola diwajibkan untuk mendaur ulang sebagian besar air limbahnya. Jika pihak pengelola tak tertib, maka hukumannya adalah bangunan gedung akan di rubuhkan
Share this article :