Did You Know...?
""

Home » » Berapa Sebenarnya Hasil ATP?

Berapa Sebenarnya Hasil ATP?


Ada beberapa siswa yang masih bingung mengenai penjelasan mengapa jumlah ATP hasil respirasi ada yang 36 dan ada yang 38. Mungkin karena penjelasan guru yang kurang jelas dan siswa yang kurang komunikatif. Sekarang mari jelaskan ulang dengan lebih sederhana agar lebih mudah dipahami. Proses respirasi yang menghasilkan 38 ATP hasil oksidasi satu molekul glukosa. Proses lain yang menghasilkan 36 ATP. Nah, untuk proses oksidasi yang menghasilkan 36 ATP dijelaskan sebagai berikut. Ada 2 jenis NADH pada proses respirasi. Yang dihasilkan glikolisis disebut NADH sitosol (karena glikolisis berlangsung di sitosol) jumlahnya 2 molekul. Sedangkan yang dihasilkan DO (dekarboksilasi oksidatif) dan DK (daur Krebs) disebut NADH matriks (karena dihasilkan di dalam matriks mitokondria) total jumlahnya 8 molekul. Selain itu ada FADH sebanyak 2 molekul yang dihasilkan langkah DK. Seluruh NADH dan FADH tersebut nantinya akan dioksidasi pada langkah RTE (rantai transpor elektron) menjadi ATP dimana oksidasi 1 NADH bisa menghasilkan 3 ATP sedangkan 1 FADH menghasilkan 2 ATP. Ternyata NADH sitosol (hasil glikolisis) tidak bisa masuk ke dalam mitokondria karena membran mitokondria tidak permeabel terhadap NADH sitosol. Untuk mengatasi masalah itu ada 2 cara:
  1. Sistem ulang alik malat aspartat memungkinkan NADH sitosol masuk ke dalam mitokondria dan tetap berujud NADH (berlangsung di hati, ginjal, dan jantung)
  2. Sistem ulang alik gliserol fosfat memungkinkan NADH sitosol masuk ke dalam mitokondria dan diubah menjadi FADH (berlangsung di otot rangka dan otak)
Berubahnya NADH menjadi FADH pada sistem ulang alik gliserol fosfat Ini akan mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah ATP yang dibentuk.
Sekarang perhatikan perbandingan tabel di bawah ini. Tabel yang atas adalah penghitungan proses oksidasi yang menghasilkan 38 ATP, sedangkan tabel bawah adalah penghitungan yang menghasilkan 36 ATP.
image thumb Produksi ATP : 38 ataukah 36 ? (penjelasan ulang)
image thumb1 Produksi ATP : 38 ataukah 36 ? (penjelasan ulang)
Perhatikan tabel bawah. Pada langkah glikolisis harusnya ada 2 NADH, di situ saya kosongi. Asumsinya NADH telah diubah menjadi FADH melalui langkah ulang alik gliserol fosfat. Jadi sekarang kita punya 2 FADH yang saya tambahkan ke jumlah FADH yang dihasilkan pada langkah DK sebanyak 2 FADH juga. Total kita peroleh 4 FADH. Sekarang kita hitung jumlah ATP nya:
  • jumlah NADH 8 = 24 ATP
  • jumlah FADH 4 = 8 ATP
Tambahkan juga ATP jadi hasil glikolisis dan DK sebanyak 4 ATP. Jadi total ATP = 36 dari proses ulang alik gliserol fosfat.
Share this article :