Did You Know...?
""

Home » » Praktikum Sistem Pernapasan(SD/MI)

Praktikum Sistem Pernapasan(SD/MI)

Penelitian biologi sederhana ini mempunyai tujuan penting untuk anak–anak agar:
1. mengetahui bahwa bernapas itu penting dan merupakan proses dalam hidup yang otomatis;
2. mengamati dan mencatat data dalam proses pernapasan;
3. memperagakan bagaimana udara masuk dan keluar dalam proses pernapasan di paru–paru;
4. mengamati bagaimana pernapasan dapat berubah seiring dengan perubahan aktivitas yang berbeda pula; dan
5. penggunaan perhitungan sebagai alat untuk mengumpulkan data.
Aktivitas 1
Mengumpulkan salah satu gas yang keluar dari napas yang kita embuskan.
  • Materi 
Handuk basah, cermin tangan
  • Prosedur
Gunakan handuk basah untuk membersihkan dan mengeringkan cermin. Pegang cermin mendekati mulut, tetapi tidak menyentuhnya. Embuskan dua atau tiga napas ke hadapan cermin tersebut. Periksa apa yang terjadi pada permukaan cermin.
  • Pertanyaan
  1. Apa yang terjadi pada cermin?
  2. Mengapa cermin tersebut memburam?
 Aktivitas 2
 Mendengarkan napas teman; menghitung embusan napas dalam satu menit.
  • Materi
Stetoskop (bila diperlukan); jam atau stopwatch dalam genggaman tangan, kartu penanda tiap napas yang dilakukan setiap anak
  • Prosedur
Percobaan 1
Gunakan stetoskop untuk mendengarkan secara jelas embusan napas teman. Tahan napas selama mungkin untuk menghitung seberapa lama setiap anak dapat menahan napas.
Percobaan 2
Tiap anak berpasangan; satu anak bernapas, anak yang lain menghitung dengan memegang jam atau stopwatch. Dalam keadaan tenang, anak yang bernapas duduk tenang (berbaring lebih efektif). Dalam 1 menit, secara serentak anak yang memegang alat penghitung menghitung berapa kali embusan napas teratur yang dilakukan pasangannya. Setelah selesai, lalu bertukar pasangan dan lakukan prosedur yang sama.
Percobaan 3
Sebelum memulai menghitung napas di percobaan 2, anak-anak yang bernapas berlari-lari di tempat atau melompat-lompat di tempat terlebih dahulu selama 60 detik. Bila telah selesai, ulangi aktivitas percobaan 2.
Jangan lupa untuk mencatat setiap perhitungan napas dalam setiap percobaan di kartu anak–anak yang telah disediakan.
  • Pertanyaan: 
  1. Dalam kasus seperti apa kita bernapas lebih dari biasanya? Kenapa?
  2. Apakah menurutmu kita akan bernapas lebih cepat atau lebih lambat setelah berlari selama 10 menit?
  3. Mengapa kita tidak bisa menahan napas selama lebih dari 5 menit?
Aktivitas 3
Membuat paru–paru buatan
  • Materi
Gunting atau cutter (karena menggunakan alat tajam, diperlukan perhatian lebih); 1 atau 2 liter botol air mineral bekas; beberapa buah balon
  • Prosedur
Potong dan buang bagian bawah botol. Masukkan balon ke dalam botol dari mulut botol dengan ujungnya terlebih dahulu, renggangkan hingga dasar botol. Potong bagian atas balon.Lalu, masukkan botol tadi ke dalam balon dengan bagian bawahnya terlebih dahulu. Pegang botol tersebut. Dengan tangan lainnya, gerakkan permukaan balon di bagian bawah botol dengan cara menarik dan mendorongnya.
  • Pertanyaan 
  1. Apa yang terjadi pada balon?
  2. Mengapa balon tersebut mengembang dan mengempis?
  3. Bagian otot mana yang digunakan untuk melakukan pernapasan dan bagaimana hal tersebut dilakukan bila melihat dari percobaan tersebut?
Penelitian biologi itu menyenangkan karena membuat anak–anak mengenal banyak hal baru yang menakjubkan. Semoga saja beberapa percobaan di atas dapat membuat anak–anak mengenal dan merasakan hal baru yang menyenangkan. Selamat mencoba!
Share this article :