Did You Know...?
""

Home » » Uji Kandungan Gula Pada Urine

Uji Kandungan Gula Pada Urine



Tujuan:
Menemukan kandungan gula dalam urine

Gula dapat diuji keberadaannya dengan menggunakan larutan Benedict. Jika suatu larutan yang mengandung gula diberi larutan Benedict, maka setelah dipanaskan akan terbentuk endapan berwarna merah bata di dalam larutan tersebut.

Alat dan bahan:
1.  tabung reaksi
2.  lampu bunsen/spiritus
3.  penjepit tabung reaksi
4.  pipet tetes
5.  urin (air seni)
6.  larutan Benedict
7.  gula
8.  air

Langkah kerja:
1.Ujilah larutan gula dengan larutan benedict sebagai pembanding perubahan warna yang terjadi. Caranya, buatlah larutan gula dari satu sendok makan gula yang dilarutkan ke dalam setengah gelas air
2.  Masukkan 20 tetes larutan gula itu ke dalam tabung reaksi
3.  Tetesi larutan gula dengan 5 tetes Benedict, kocok hingga tercampur merata
4. Jepitlah tabung reaksi dengan penjepit. Panasi ujung tabung reaksi di atas nyala api lampu bunsen/spiritus. Memanasinya harus sebentar-sebentar diangkat agar tidak hangus (gosong). Jangan sampai mendidih. Pemanasan yang berlebihan menyebabkan perubahan warna yang tidak cocok. Waktu pemanasan sekitar 3 – 5 menit.
5. Amati perubahan warna yang terjadi. Apabila mengandung gula, bahan ini akan menunjukkan endapan berwarna merah bata
6.  Kemudian, ujilah urin dengan cara yang sama dimulai dari langkah kerja nomor 2, hanya saja larutan gula diganti dengan urin. Sebaiknya semua siswa menguji urin masing-masing dengan seksama.
7.   Siswa mendiskusikan hasil praktikum dengan menjawab pertanyaan berikut
·  Perubahan warna apakah yang terlihat pada urin sebelum dipanasi dengan sesudah dipanasi di atas lampu bunsen/spirirtus? Mengapa demikian?
· Jika pada sampel urin yang kalian uji ternyata ditemukan adanya endapan berwarna merah bata, apa artinya?
·  Kira-kira apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh seseorang seandainya setelah diuji dengan langkah kerja di atas urinnya ternyata menunjukkan adanya endapan warna merah bata? Selanjutnya, langkah-langkah apa yang perlu dilakukan oleh orang tersebut agar tubuhnya kembali sehat?
8.  buat laporan hasil praktikum di atas beserta hasil diskusi yang telah kalian lakukan.
Share this article :