Did You Know...?
""

Home » » Carl Richard Woese

Carl Richard Woese


Carl Richard Woese adalah seorang ahli mikrobiologi kelahiran New York, Amerika Serikat pada 15 Juli 1928. Woese terkenal sebagai pencetus Archaea pada tahun 1977 melalui hipotesis RNA. Woese menerima sarjana matematika dan fisika dari Amherst College pada tahun 1950 dan gelar doktor dalam bidang biofisika dari Universitas Yale. Pada tahun 1953 Woese bergabung sebagai staf pengajar di University of Illinois pada tahun 1964.
Setelah Archaea didefinisikan sebagai domain baru berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun melalui hubungan genetik dengan metode perbandingan kesamaan morfologinya. Selanjutnya dibagi ke dalam 23 divisi utama, yang secara keseluruhan dimasukkan dalam tiga domain: Bakteri, Archaea, dan Eucarya.
Woese diangkat menjadi anggota National Academy of Sciences pada tahun 1988, menerima Medali Leeuwenhoek (kehormatan tertinggi untuk bidang mikrobiologi) pada tahun 1992, Selman A. Waksman Award pada Mikrobiologi pada tahun 1995, dan National Science Medal pada tahun 2000. Pada tahun 2003, dia menerima Penghargaan Crafoord dari Royal Swedish Academy of Sciences. Pada tahun 2006, dia menjadi anggota dari Royal Society.
Share this article :