Did You Know...?
""

Home » » George Emil Palade

George Emil Palade


George Emil Palade lahir pada tanggal 19 Nopember 1912 di Iasi, Rumania dan ayahnya adalah seorang profesor filsafat di sebuah universitas terkemuka di Rumania dan ibunya adalah seorang guru SMA di dekat rumahnya. George E. Palade menerima gelas S1 nya pada tahun 1940 dari Carol Davila School of Medicine, di Bucharest, Rumania. Dia juga aktif sebagai anggota penelitian di fakultas tempat mengenyam pendidikannya sampai tahun 1946, ketika dia pergi ke Amerika Serikat untuk studi S2. Di sana, dia bergabung dengan Prof Albert Claude di Institut Rockefeller untuk riset medis.
Pada tahun 1974 dia dianugerahi hadiah nobel dalam bidang fisiologi dan kedokteran, bersama dengan Albert Claude dan Christian de Duve penghargaan ini diberikan atas inovasi di mikroskop elektron dan fraksinasi sel yang bersama-sama meletakkan dasar-dasar biologi molekular sel modern. Penemuan yang paling menonjol menjadi ribosom dari retikulum endoplasma yang pertama kali dipresentasikan pada tahun 1955 di depan kuliah umum.
 Palade juga menerima US National Medal of Biological Sciences untuk penemuan struktur organisasi dalam sel hidup" pada tahun 1986 dan sebelumnya terpilih sebagai Anggota dari US National Academy of Science pada tahun 1961.
Pada tahun 1952, Palade melakukan naturalisasi menjadi warga negara Amerika Serikat. Dia bekerja di Institut Rockefeller (1958 hingga 1973), dan seorang profesor di Yale University Medical School (1973 hingga 1990) dan University of California, San Diego (1990 hingga 2008). Pada UCSD, Palade adalah Profesor Kedokteran di Residence (Emeritus) di Departemen Cellular Molecular Medicine, serta  bertindak sebagai dekan Urusan Ilmiah (Emeritus) di Fakultas Kedokteran di La Jolla, California.  
Pada tahun 1970, dia dianugerahi Penghargaan Louisa Gross Horwitz dari Columbia University bersama dengan rekannya Renato Dulbecco. Tahun 1974 mendapat nobel dalam bidang fisiologi dan kedokteran "untuk penemuan mengenai organisasi fungsional dari sel yang peristiwa mani dalam pengembangan biologi sel modern
", yang berkaitan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan di Institut Rockefeller untuk Riset Medisnya Nobel kuliah, disampaikan pada tanggal 12 Desember 1974, berjudul:." Proses aspek intraselular sekresi protein" yang diterbitkan pada tahun 1992 oleh Yayasan Nobel. Dia terpilih menjadi anggota kehormatan akademi Rumania pada tahun 1975. Pada 1988 dia juga terpilih sebagai anggota kehormatan American Academy-Rumania Seni dan Ilmu Pengetahuan (ARA).
Palade adalah Ketua pertama dari Departemen Biologi Sel di Universitas Yale. Saat ini, untuk mengenang jasa beliau, ketua biologi sel di Universitas Yale dinamakan "George Palade profesor".
Di Institut Rockefeller untuk Riset Medis, Palade menggunakan dasar elektron mikroskop untuk mempelajari organisasi internal struktur sel seperti ribosom, mitokondria, kloroplas, aparatus golgi, dan lain-lain. Penemuannya yang paling penting dilakukan saat menggunakan strategi eksperimental dikenal sebagai analisis pulsa-mengejar. Dalam percobaan Palade dan rekan-rekannya mampu mengkonfirmasi hipotesis yang ada  tentang jalur sekretorik yang menghubungkan atau mengkaitkan antara retikulum endoplasma kasar dengan fungsi aparatus golgi.
Dia juga fokus pada penelitian organel penyimpanan yang unik untuk endothelium, mengandung berbagai protein yang ditemukan dan dijelaskan bersama dengan anatomi Ewald R. Weibel Swiss.
Share this article :