Did You Know...?
""

Home » » Hans Adolf Krebs

Hans Adolf Krebs

Hans Adolf Krebs adalah seorang dokter dan biokimiawan kelahiran Hildesheim, Jerman pada 25 Agustus 1900 dan meninggal di Oxford, Inggris pada 22 November 1981. Dia ilmuwan berkewarganegaraan Jerman dan Inggris yang juga penerima Penghargaan Nobel bidang Fisiologi dan Kedokteran untuk karyanya dalam menjelaskan proses metabolisme (khususnya dalam menemukan daur urea dan daur sitrat).
Hans A. Krebs menyelesaikan sekolahnya di gimnasium Andreanum (setingkat SMA) di kota kelahirannya Hildesheim, lalu belajar ilmu kedokteran di Universitas Goettingen, Universitas Freiburg im Breisgau dan di Sekolah Kedokteran Berlin dari 1918 sampai 1923. Dia memperoleh gelar doktor dari Universitas Hamburg, lalu belajar kimia di Berlin. Hingga 1930 dia menjadi asisten dari Otto Heinrich Warburg di Institut Kaiser Wilhelm untuk biologi.
Sejak tahun 1930 ia bekerja kembali sebagai dokter sebelum kemudian dilarang pada 1933 (ibunya seorang Yahudi) karena dirilisnya Undang-undang Ras oleh rezim NAZI. Undangan dari Universitas Cambridge, Inggris untuk memperdalam cabang ilmu biologi yaitu biokimia.
Pada tahun 1932 ia telah mengungkap daur urea dan daur sitrat (popular dengan nama daur Krebs) pada proses metabolisme untuk menghasilkan energi pada makhluk hidup. Karyanya ini membuat ia mendapat Penghargaan Nobel untuk bidang Kedokteran/Fisiologi pada tahun 1953.

Pada tahun 1945 ia diangkat menjadi profesor di Universitas Sheffield. Gelar 'Sir' diperolehnya dari ratu Inggris Elizabeth II pada tahun 1958.
Share this article :