Did You Know...?
""

Home » » Jacques Lucien Monod

Jacques Lucien Monod


Jacques Lucien Monod merupakan ilmuwan biologi cabang Genetika asal Perancis yang lahir di Paris, 9 Februari 1910  dan meninggal di Cannes, 31 Mei 1976. Dia menghabiskan waktu kerjanya sebagai seorang laboran di Institut Teknologi California, dan setelah kembali ke Paris dia kembali bekerja di Institut Pasteur pada tahun 1945 dan menjabat sebagai kepala utama tahun 1954 di Bagian Biokimia Sel dan molekuler. Dia dikenal sebagai pelopor genetika molekuler, pada tahun 1965 dia dianugerahi Penghargaan Nobel Kedokteran bersama dengan André Michael Lwoff dan François Jacob atas penjelasan tentang "penemuan RNA duta, ribosom, dan gen yang mengatur ekspresi gen lainnya". Sebagai pengarang, di antara karya lainnya, ia menulis karya best-seller di bidang filsafat ilmu: Le Hasard et le Necessite (1970). Selain Penghargaan Nobel, Monod juga dianugerahi Legion d'honneur.
Monod dan Jacob menjelaskan sistem operon lac, kendali utama yang diperlukan untuk uji coba ekspresi gen terhadap makhluk hidup melalui serangkaian eksperimen. Studi tersebut menyediakan contoh pertama bagi sistem regulasi transkripsi. Dia juga menjelaskan keberadaan molekul mRNA yang menghubungkan informasi yang disandikan pada DNA dan protein
Monod bersama rekan-rekannya mengadakan eksperimen dengan bakteri  Escherichia coli, namun konsep pengaturan dasarnya amat penting bagi regulasi sel semua sel. Monod juga mengadakan sumbangan penting di bidang enzimologi dengan teori alosterik yang diajukan pada tahun 1965 bersama Jeffries Wyman (1901-1995) dan Jean-Pierre Changeux.
Share this article :