Did You Know...?
""

Home » » Solusi Alami Gangguan Pencernaan

Solusi Alami Gangguan Pencernaan


Sering mengalami gangguan pencernaan di pagi hari? Gangguan ini biasanya ditandai dengan kenaikan asam lambung dan rasa panas pada bagian perut. Tidak hanya pola makan berantakan saja yang menjadi penyebab. Bisa jadi Anda sedang mengalami stres atau juga kurang tidur. Untuk mengatasinya, cukup sediakan apel sebagai penetralisir. Dilansir Boldsky, apel mengandung lebih banyak pektin (serat) di banding jenis buah yang lain. Pektin akan dipecah dalam usus oleh bakteri baik, membentuk lapisan pelindung perut yang bersifat menenangkan usus. Tak masalah Anda mengonsumsinya dalam bentuk buah segar, jus, atau cuka apel. 

Apel segar

Apel disebut sebagai penenang perut saat asam lambung naik. Ini karena apel memiliki gula fruktosa yang merupakan gula kompleks. Selain gula, serat buahnya mampu mengadsorbsi asam berlebih yang dihasilkan perut. Serat tersebut juga akan membersihkan usus dengan melepaskan gas yang terakumulasi. 

Jus apel

Jika Anda memiliki masalah pencernaan akut seperti infeksi, apel rebus atau jus apel tak masalah menjadi obat. Perut tak perlu bekerja keras mencerna karena seratnya sudah dihaluskan. Buah ini juga mengatasi diare persisten. 

Cuka apel

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk masalah pencernaan. Dua sendok cuka apel dan air mampu menurunkan asam lambung dalam waktu singkat
Share this article :