Dalam Permendiknas No. 23/2006 telah dirumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai peserta didik, melalui proses pembelajaran berbagai mata pelajaran. Namun, sungguh sangat disesalkan dalam Permendiknas tersebut sama sekali tidak memuat Standar Kompetensi yang harus dicapai peserta didik melalui pelayanan Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu, Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) mengambil inisiatif untuk merumuskan Standar Kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, mulai tingkat SD sampai dengan Perguruan Tinggi, dalam bentuk naskah akademik, untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Depdiknas dalam menentukan kebijakan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Indonesia.
Dalam konteks pembelajaran Standar Kompetensi ini disebut Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sementara dalam konteks Bimbingan dan Konseling Standar Kompetensi ini dikenal dengan istilah Standar Kompetensi Kemandirian (SKK), yang di dalamnya mencakup sepuluh aspek perkembangan individu (SD dan SLTP) dan sebelas aspek perkembangan individu (SLTA dan PT). Kesebelas aspek perkembangan tersebut adalah: (1) Landasan hidup religius; (2) Landasan perilaku etis; (3) Kematangan emosi; (4) Kematangan intelektual; (5) Kesadaran tanggung jawab sosial; (6) Kesadaran gender; (7) Pengembangan diri; (8) Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis); (9) Wawasan dan kesiapan karier; (10) Kematangan hubungan dengan teman sebaya; dan (11) Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga (hanya untuk SLTA dan PT). Masing-masing aspek perkembangan memiliki tiga dimensi tujuan, yaitu: (1) pengenalan/penyadaran (memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai); (2) akomodasi (memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai) dan (3) tindakan (perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari dari aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai).
Aspek perkembangan dan beserta dimensinya tampaknya sudah disusun sedemikian rupa dengan mengikuti dan diselaraskan dengan prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tugas-tugas perkembangan yang harus dicapai individu.
Berikut ini rumusan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik pada Sekolah Dasar
STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK) PESERTA DIDIK
PADA SEKOLAH DASAR
No | Aspek Perkembangan | Tataran/Internalisasi Tujuan | ||
Pengenalan | Akomodasi | Tindakan | ||
1 | Landasan hidup religius | Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari | Tertarik pada kegiatan ibadah sehari | Melakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hari |
2 | Landasan perilaku etis | Mengenal patokan baik-buruk atau benar salah dalam berperilaku | Menghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari | Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari |
3 | Kematangan emosi | Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain | Memahami perasaan diri sendiri dan orang lain | Mengekspresikan perasaan secara wajar |
4 | Kematangan intelektual | Mengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajar | Menyenangi berbagai aktifitas perilaku belajar | Melibatkan diri dalam berbagai aktifitas perilaku belajar |
5 | Kesadaran tanggung jawab sosial | Mengenal hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari-hari | Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari-hari | Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan |
6 | Kesadaran gender | Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan | Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan | Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuan |
7 | Pengembangan diri | Mengenal keadaan diri dalam lingkungan dekatnya | Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan | Menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya |
8 | Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis) | Mengenal perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya | Memahami perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya | Menampilkan perilaku hemat, ulet sungguh-sungguh dan konpetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya |
9 | Wawasan dan kesiapan karier | Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam kehidupan | Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas sebagai hal yang saling bergantung | Mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupan |
10 | Kematangan hubungan dengan teman sebaya | Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya | Menghargai norma-norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman sebaya | Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi bersama |
Sumber :
Depdiknas.2007.Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.Jakarta.