Did You Know...?
""

Home » » Ekologi

Ekologi


Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan timbal balik mahkluk hidup denagn lingkungannya , baik lingkungan abiotik maupun lingkungan biotik. jadi antara faktor abiotik lingkungan dengan faktor biotik (mahkluk hidup ) dalam ekosistem dapat saling mempengaruhi.
Dari pengan mengetahui ciri fisik abiotik akan mudah mengenal pula faktor biotik yang ada di dalamnya
Faktor abiotik merupakan faktor faktor yang membicarakan lingkungan tempat keberadaan yang mempengaruhi makhluk hidup . misalnya suhu , kelembaban , curah hujan , cahaya dll Jika pencatatan data abiotik itu konstan setiap tahunnya disebut iklim.


Jadi iklim sebagai interaksi faktor abiotik sudah tercatat tetap dengan mencatatnya dari rata rata cuaaca dalam tahunan , misalnya tercatat suhu sekitar 20 - 30 o C ya pasti Iklim Tropis .
untuk mengetahui dan memahami catatan iklim ini sebenarnya mudah

* pedomannya bayangkan globe bumi kita
* mulailah lihat lokasi / letak lintang
* dari letak lintang inilah dipastikan muncullah parameter lingkungan ( faktor abiotik) yang bervariasi
* dari Letak lintang ini - pasti mempengaruhi intensitas cahaya - intensitas cahaya berpengaruh pada suhu - suhu berbeda mempengaruhi perbedaan tekanan - tekanan beda menyebabkan angin - sehingga terjadi variasi kelembaban karena pengaruh angin dan tekanan dengan uap airnya - muncul hujan - dan hujan jelas mempengaruhi kondisi tanah dan aktifitas biosfernya OK

Jadi dengan berbedanya Faktor abiotik yang terlihat di globe tadi tentu karena keberadaan letak lintangnya (Equator/tropis , sub tropis , kutub dll) pada latitude nya maka terbentuklah lingkungan yang bervariasi sehingga tercipta Bioma ( bentangan daratan/ ekosistem terestrial )
Share this article :